Langsung ke konten utama

Lirik Lagu Lir Ilir Dan Terjemahnya

Lirik Lagu Lir Ilir Dan Terjemahnya

Kategori : Lagu Daerah
Judul Lagu : Lir Ilir
Diciptakan Oleh : Sunan Kalijaga

Lagu Lir Ilir
Sunan Kalijaga(Raden Mas Said), siapa yang tidak kenal dengan sosok wali yang sangat berkharisma ini, ia adalah salah satu dari 9 Wali yang sangat terkenal akan dakwahnya di pulau Jawa. Beliau adalah anak dari seorang adipati Tuban (Dibawah Kerajaan Majapahit),  yang sangat peduli dengan perekonomian rakyatnya, bahkan sebelum ia menjadi seorang wali ia pernah mencuri bahan bahan makanan pokok dari gudang kerajaan dan membagikannya kepada semua rakyatnya. Namun setelah beliau bertemu dengan Sunan Bonang, semua cara berfikirnya tersebut berubah setelah melihat ketinggian ilmu yang dimiliki oleh Wali tersebut.

Dan lagu ini sendiri merupakan salah satu karya beliau sebagai bentuk pendekatan dalam mengajarkan dakwahnya. Selain memiliki irama yang enak lagu yang menjadi ciri khas Jawa Tengah ini, juga memiliki makna yang sangat dalam. Yang mana dalam setiap liriknya tersebut mengajak kepada seluruh umat islam agar bangkit dari keterpurukan dan lebih menebalkan iman.

Cara dakwah lain yang dilakukan oleh Sunan Kalijaga yaitu dengan membuka pagelaran wayang kulit saat peresmian Masjid Demak(Dibawah Kerajaan Demak - Islam), pada awalnya pagelaran  wayang tersebut tidak disepakati oleh para wali yang lain, karena sebuah wayang itu adalah hasil ciptaan manusia yang sangat mirip sekali dengan   manusia, namun hal tersebut kemudian dibantah oleh Sunan Kalijaga, karena wayang yang beliau gunakan bukanlah wayang yang sama seperti yang digunakan oleh orang Jawa lainnya, wayang yang beliau gunakan adalah hasil karya beliau sendiri yang terbuat dari kulit lembu / Sapi, dan jika dilihat memang tidak sama dengan wayang lainnya.

Dari situlah akhirnya wali lainnya menyetujui pagelaran tersebut, wali yang mendukung Sunan Kalijaga diantaranya yaitu : Sunan Kudus dan Sunan Muria. Yang kemudian Pagelaran wayang kulit menjadi sebuah tradisi daerah dari Jawa Tengah.
Lihat juga lagu terkait lainnya : Lagu Ya Asyikol Musthofa - Gus Azmi
Berikut ini adalah selengkapnya Lirik Lagu Lir Ilir Dan Terjemahnya


Lukisan Sunan Kalijaga

Lirik Lir Ilir - Sunan Kalijaga

Lir-ilir, lir-ilir, tandure wes sumilir
Tak ijo royo-royo, tak sengguh temanten anyar
Cah angon, cah angon, penekno blimbing kuwi
Lunyu-lunyu penekno kanggo mbasuh dodotiro
Dodotiro, dodotiro, kumitir bedah ing pinggir
Dondomono, jlumatono, kanggo sebo mengko sore
Mumpung pandhang rembulane, mumpung jembar kalangane
Yo surako surak hiyo
Terjemahan Lagu Lir Ilir
Bangunlah, bangunlah, Tanaman sudah bersemi
Demikian menghijau bagaikan pengantin baru
Anak gembala, anak gembala panjatlah (pohon) belimbing itu
Biar licin dan susah tetaplah kau panjat untuk membasuh pakaianmu
Pakaianmu, pakaianmu terkoyak-koyak di bagian samping
Jahitlah, benahilah untuk menghadap nanti sore
Mumpung bulan bersinar terang, mumpung banyak waktu luang
Ayo bersoraklah dengan sorakan iya
Catatan: Blog Mabes Lirik ini hanya memuat lirik lagu beserta informasi dari lagu yang bersangkutan tersebut. Kami TIDAK berbagi link download lagu mp3.